Manfaat dan Khasiat Pakis Hijau untuk Kesehatan



Jenis pakis yang memiliki daun warna hijau. Seperti kita tahu, tumbuhan paku --istilah lainnya, memang memiliki 2 jenis warna daun. Ada yang merah, disebut Pakis Merah dan yang hijau tentu adalah Pakis Hijau Umumnya yang lebih banyak dijual adalah Pakis Hijau.

Karena keberadaannya di alam lebih mudah ditemukan. Baik yang tumbuh secara alami, atau hasil budidaya.

Tanaman Pakis sebenarnya adalah tanaman liar. Jenis tumbuhan paku yang hidup dekat dengan perairan sungai. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga tinggi lebih dari 100 cm. Daunnya kalau sudah tua tentu saja kaku.

Namun yang disebut Pakis ini adalah daun yang muda dan elastis empuk. Pucuk-pucuk muda dari tanaman paku inilah yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran. Rasa Pakis sangat lezat. Kenyal bagaikan daging. Apalagi kalau kondisinya masih segar.


Biasanya ada saja petani dan pedagang nakal yang mencampurkan pakis muda dan pakis tua dalam satu ikatan (untingan). Ini membuat hasil masakan jadi tidak sempurna karena pakisnya keras.

Meski banyak anggapan, bagi yang berpenyakit rekamik atau magh terlarang untuk mengusumsi Pakis, namun seperti dirilis Khasiat.co.id, ternyata banyak khasiatnya bagi kesehatan :
Manfaat Pakis Hijau

Memang makan Pakis Hijau yang paling enak itu kalau hasil dari panen dan berburu sendiri di tepi sungai, dekat sawah.

Jadi sudah dipastikan hanya daun muda saja yang bakal dipakai untuk masak Namun sayangnya tidaklah mesti ada tanaman paku ini.

Bisa saja karena bukan musimnya. Dan bisa pula karena telah dipetik orang lain. Namun tenang saja, tiap hari di pasar dan supermarket ada saja yang jual Pakis. Ini pasti hasil budidaya.

Harganya pun murah. Berkisar Rp3000 hingga Rp6000 saja untuk satu ikatnya. Dan idealnya, masak pakis itu minimal 2 ikatan. Karena nantinya setelah masakan matang Pakisnya nampak menyusut.

Pakis juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh loh. Seperti yang diuraikan di bawah ini:

1. Kaya dengan Serat

Manfaat Pakis Hijau kaya dengan serat yang amat baik untuk tubuh. Bisa membuat tubuh jadi terhindar dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Usus jadi bersih dan lebih baik kerjanya dalam sistem pencernaan makanan.

2. Menambah Nafsu Makan


Yang saya lakukan untuk memutarbalikkan kerontokan rambut

Diet untuk orang malas! Perut dan bokong kempis dalam 3 hari

2 tetes dapat kembalikan rambut yang hilang

Penghancur lemak yang ampuh!turun 30 kg hanya dalam 2 minggu
Makan dengan lauk Sayur Pakis sangatlah ampuh untuk meningkatkan nafsu makan. Rasanya bikin ingin selalu nambah. Apalagi kalau dimakan dengan nasi yang pulen dan ditambah dengan ikan asin yang gurih. Berasa dunia ini penuh dengan kebahagiaan dan ingin selalu makan.

3. Mengatasi Stress dan Depresi

Memang ketika kita makan makanan yang lezat. Maka otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon anti stress seperti Dopamin, Endorfin dan Serotonin. Semuanya berfungsi sebagai anti stress dan anti depresan alami yang sangat ampuh dan tanpa efek samping bahaya.

4. Mencerdaskan Otak

Manfaat Pakis Hijau bagus sekali untuk mencerdaskan otak. Sebaiknya kita mulai mengajari anak-anak untuk mau makan sayuran ini. Supaya otak dapat berkembang sempurna dalam proses berpikir.

5. Makanan yang Aman untuk Diet

Khasiat Pakis Hijau bagus sekali untuk diet. Aman dimakan dalam jumlah banyak sekalipun oleh orang yang sedang diet. Bisa dikombinasikan dengan buah-buahan atau jus sayuran yang lainnya. Pakis juga akan memberikan sensasi kenyang. Jadi tidak mudah lapar, cocok buat para pelaku diet.

6. Mencegah Sembelit

Sembelit dapat disembuhkan dengan banyak memakan buah dan sayuran yang kaya serat. Manfaat Pakis Hijau sangatlah kaya dengan serat yang baik untuk mengatasi sembelit. Jadi tidak ketergantungan lagi dengan obat pencahar maupun obat-obatan yang dimasukkan ke secara anal.

7. Membuat Kulit Cerah dan Halus

Kulit yang cerah dan halus jadi dambaan banyak orang. Jika ingin punya kulit yang seperti ini, perawatan dengan krim dan lotion serta treatment dari klinik kecantikan saja tidak cukup. Kita mesti makan sayuran yang kaya vitamin dan mineral, seperti Pakis Hijau ini.

8. Mencegah Kolesterol Naik

Manfaat Pakis Hijau baik sekali untuk mencegah kolesterol naik. Ini akan membuat tubuh para penderita kolesterol jauh lebih baik. Mereka tidak bingung lagi harus makan pakai apa. Cukup pakai sayur pakis ini saja.

9. Aman untuk Penderita Diabetes

Khasiat Pakis Hijau yang rendah gula dan lemak ini juga baik untuk penderita diabetes. Cocok dikonsumsi oleh mereka. Walaupun sedang kumat diabetesnya.

10. Mencegah Gangguan Ginjal

Pada dasarnya sayuran yang tumbuh di dekat perairan macam Pakis Hijau ini baik sekali untuk ginjal.
Dapat mencegah berbagai gangguan ginjal. Serta melancarkan buang air kecil.

Selain berbagai manfaat di atas. Pada dasarnya sayuran yang memiliki daun meliuk dan melengkung ini punya khasiat lainnya yang tak kalah penting. Yaitu:

10 Manfaat Pakis Hijau yang Lainnya:

11. Mencegah Gangguan Hati
12. Mengatasi Gangguan Usus
13. Anti Kanker
14. Mengandung Vitamin B
15. Menjernihkan Bola Mata
16. Menangkal Radikal Bebas
17. Mencerdaskan Otak
18. Membuat Tidur Nyenyak
19. Mood Stabilizer
20. Memicu Keluarnya Hormon Serotonin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama